Friday, November 30, 2018

SD Muhammadiyah Klepu, Belajar Ubah Sampah Jadi Berkah

Beberapa hasil karya siswa Kelas V SD Muhammadiyah Klepu terpajang di ruangan kelas itu. Sebagian dari kreasi tersebut ada yang berasal dari barang-barang yang sudah dianggap sampah atau tidak berguna. Di antaranya yaitu keset dan tempat HP dari kain perca, bunga-bunga dari sedotan dan gelas plastik air minum dalam kemasan, pigura dari kardus dan lain-lain.




"Sebenarnya, anak-anak sudah diajarkan mengolah sampah kering sejak kelas empat. Anak-anak dilatih untuk memanfaatkan atau mengolah sampah kering agar lebih bermanfaat. Sampah bisa membawa berkah," ujar guru kelas V, Miftahurrahmah.

Selain dilatih agar kreatif dan memiliki keterampilan, pembelajaran pengolahan sampah itu juga sebagai upaya untuk mengurangi volume sampah kering yang memiliki nilai jual. Hasil karya anak-anak juga dimanfaatkan di sekolah misalnya keset.

Miftah menyebutkan hasil karya siswa tersebut diperlihatkan kepada ibu-ibu untuk dicontoh dalam kegiatan ibu PKK. Selain itu, setiap ada pertemuan guru di SD Muh Klepu, produk-produk itu pun ditampilkan.

Menurut Miftah anak-anak senang dan semangat jika mengikuti kegiatan pelajaran  Seni Budaya dan Keterampilan (SBK). Dia menuturkan sebenarnya anak-anak menghendaki SBK di selang seling yakni untuk teori dan praktik.

Salah satu siswa kelas V, Zahira Salsabila Qurrota'Ain, 10, mengatakan suka dan senang jika praktik. Zahira menyebutkan kegiatan SBK bermanfaat. Setelah beberapa kali praktik di sekolah, dia juga mempraktikkannya di rumah. "Saya di rumah membuat gantungan kunci untuk dipakai sendiri," kata Zahira. [nad]

 
Sebelumnya
Berikutnya

Penulis:

0 comments: