Saturday, November 13, 2021

Pengajian Milad Muhammadiyah ke 109 PCM Minggir, Khoirudin Ajak Jamaah Optimis

Minggir – PCM Minggir menggelar pengajian dalam rangkaian Milad Muhammadiyah ke 109, Ahad (14/11/2021). Kegiatan digelar di halaman Wisma Muhammadiyah Ngloji Kebonagung. Hadir sebagai pembicara Dr. Khoirudin Bashori, dosen UAD dan UMY sekaligus aktif di Lembaga Pengembangan Pondok Pesantren PP Muhammadiyah. 





Dalam kajiannya Khoirudin mengungkapkan manusia akan diuji dengan hal yang menyenangkan atau sebaliknya. Manusia tidak bisa memilih. Maka selaras dengan Tema Milad Muhammadiyah ke 109 tahun ini, Optimis Hadapi Covid-19 : Menebar Nilai Utama. Ia mengajak agar umat Islam, khususnya warga Muhammadiyah untuk selalu optimis.


Menurutnya orang yang optimis adalah orang yang bisa melihat kesempatan dalam setiap kesulitan. Sebaliknya, orang yang pesimis selalu melihat kesulitan dalam setiap kesempatan. “Kalau optimis meskipun kesulitan dilihat sebagai kesempatan,” ungkap Khoirudin.


Orang yang optimis juga tidak gagap dalam menghadapi perubahan. Kegagalan merupakan hal biasa dalam sebuah perjuangan. Ia mengutip kata-kata Dahlan Iskan, tidak ada pengusaha sukses yang belum pernah tertipu. Kalau orang mesti jatuh bangun.Sebaliknya menurut Khoirudin, orang yang pesimis cenderung menyalahkan diri sendiri.


Dalam penutupnya ia menceritakan kisah pedagang tanah abang yang terbakar dua tokonya terbakar. Meski demikian ia tetap datang ke pengajian, padahal para jamaah berniat akan silaturahmi ke rumah. Ia lalu bercerita, ia merintis toko sejak muda. Dari hasil toko itu anak-anak bisa sekolah dan mandiri. Jadi kalau sekarang diambil tidak mengapa.


Pengajian dihadiri lebih dari 100 orang dengan menerapkan protokol kesehatan cegah COvid-19. Selain pengajian juga akan diadakan senam massal di halaman Ponpes Wirausaha Muhammadiyah Cabang Minggir. [p]

 

Sebelumnya
Berikutnya

Penulis:

0 comments: