Friday, January 11, 2019

Surya NglojiMart, Ikhtiar Menjawab Tantangan Memajukan Ekonomi Umat


Minggir – Pembahasan tentang Surya NglojiMart mengalir begitu saja. Bermula dari keinginan menghadirkan tempat belanja yang dikelola secara profesional oleh kalangan muslim. Sehingga umat Islam tidak hanya menjadi konsumen, melainkan turut memainkan peran sebagai pengusaha.

minimarket muslim
Surya NglojiMart Kebonagung

Sejak beberapa tahun terakhir sebetulnya PCM Minggir telah diamanahi mengelola dua kios di selatan Pasar Balangan, merupakan wakaf dari Pak Supriyanto pemilik jaringan Toko DORA. Tetapi belum mampu dikelola dengan maksimal dan promosi yang kurang sehingga warga persyarikatan masih banyak yang tidak kenal. Kios kemudian digunakan sebagai kantor Baitul Tamwil dan Mal (BTM) Surya PDM Sleman.

Begitupun di tingkatan ranting, upaya menumbuhkan ghirah berwirausaha di bidang perdagangan juga dicetuskan oleh umat Islam di Sendangagung dengan membuat usaha toko sembako Jolali, yang terletak di depan Pasar Kebonagung. Pelan tetapi pasti kini sudah mulai menunjukkan perkembangan.

Dari Bedukmutu ke NglojiMart

Surya NglojiMart, hadir menyambut momentum keinginan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dalam mengembangkan perniagaan warga Muhammadiyah melalui Bedukmutu. Gagasan yang berlatar agar uang dari warga Muhammadiyah turut mendorong pertumbuhan usaha sesama warga persyarikatan. Awalnya, terbatas di kalangan para pegawai dan mahasiswa di UMY. Namun sejak tahun 2018 dikembangkan ke seluruh PDM se-DIY.

Pada Jumat, 14 Desember 2018 diadakan rapat Majelis Ekonomi Kewirausahaan (MEK) PCM Minggir di Masjid Baitul Izzah komplek Ngloji yang menelurkan dua gagasan utama. Pertama, meningkatkan pengelolaan bedukmutu dengan menambah jumlah produk dan memperluas marketing. Kedua, membentuk tim untuk mewujudkan pembangunan NglojiMart.

Untuk poin pertama akan diampu langsung oleh Bendahara sekaligus penggerak bedukmutu, Dwi Sumartono, SP. sedang realisasi NglojiMart akan ditangani tim yang dikomandani Ketua PCM, H. Nasirun.

Dalam Rapat lanjutan dan gabungan antara Tim Bedukmutu, Tim Ngloji, Jamaah Tani Muhammadiyah (Jatam) dan MPM PP Muhammadiyah yang berlangsung Kamis (20/12) di Rumah Ketua Jatam, Bapak Sugiman Jogorejo, diputuskan proyek NglojiMart menjadi bagian dari gerakan ekonomi yang didukung MPM dan PWM DIY, sehingga disandangkan kata ‘Surya’.

Proses Pembangunan Surya NglojiMart

Surya NglojiMart diproyeksikan menjadi minimarket modern. Dengan pengelolaan dan dukungan teknologi terkini. Menyasar segmen pasar semua kalangan, tidak hanya warga Muhammadiyah. Selain sebagai minimarket, NglojiMart sekaligus merupakan tempat belanja bagi para anggota Bedukmutu, sehingga transaksi akan diinput ke sistem Bedukmutu.

Proses desain gambar, dan penghitungan rencana anggaran biaya (RAB) dilakukan oleh kader Pemuda Muhammadiyah dari Minggir, Mas Hadi Sumarno. Pengukuran lokasi telah dilakukan dan proses pembuatan lubang pondasi dimulai sejak Jumat (28/12).

Rencana Pendanaan

Luas bangunan NglojiMart yang direncanakan berupa ruang display produkk 6 x 16 atau 96 meter persegi. Ditambah ruang kantor, gudang, dapur dan kamar kecil. Total panjang bangunan 22,4 meter dengan lebar 6,5 meter. Total seluas 145,6 meter. Desain bangunan disesuaikan dengan keberadaan Ngloji sehingga diharapkan tetap selaras dengan keberadaan Ngloji.

Perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk setiap meter persegi sekitar Rp 2 juta rupiah. Sehingga total dana yang diperlukan Rp 291,2 juta. Dana tersebut diharapkan bersumber dari wakaf tunai dari umat Islam dengan sistem paket. Satu paket wakaf tunai NglojiMart dihargai Rp 50.000. Sehingga tersedia 5.820 paket yang bisa dibeli oleh umat Islam.

Pengembangan NglojiMart

Sesuai brand yang akan diangkat, NglojiMart diharapkan mampu meneruskan semangat dalam memanfaatkan dan mengembangkan Komplek Ngloji yang diproyeksikan menjadi Pondok Pesantren Wirausaha. NglojiMart di Kebonagung merupakan NglojiMart pertama. Untuk selanjutnya akan dikembangkan lagi di lokasi lain seperti Gedongan dan Balangan serta lokasi lain yang dipandang bisa berkembang dan menguntungkan.

Bagi Anda yang ingin mewakafkan sebagian hartanya untuk pengembangan Surya NglojiMart bisa menghubungi Tim NglojiMart. Kami menerima donasi berupa uang, barang (semen/pasir/batu/kayu/pohon, dan lainnya), maupun tenaga.

Untuk informasi dan konfirmasi wakaf tunai Surya NglojiMart bisa menghubungi Tim Surya NglojiMart :

Penasihat :
Drs.H. Sarjono, M.Si
H. Supriyanto, S.Pd.
Penanggungjawab
H. Nasirun

Ketua : Agus Cahyono
Wakil : El Sujud
Sekretaris : Eko Triyanto
Wakil : Fathul Bari
Bendahara : Galih Untoro
Wakil : Sumadi
Seksi Humas : Sunu Tri Widodo, Gunardi, Nur Cahyo Hendro, Samijo, Suhardi
Seksi Pengembangan : Dwi Sumartono, Antoni, Hadi Sumarno
Seksi Dokumentasi : Erik Parmanto

Transfer Donasi :

Bank Syariah Mandiri : 2016-04-04-04 atas nama Muhammadiyah Cabang Minggir
Bank Rakyat Indonesia : 3060-0102-2778-537 atas nama Lazismu PCM Minggir

Untuk memudahkan dalam pencatatan setelah transfer mohon konfirmasi ke Bendahara : Galih Untoro (0877-3914-4696)

Contoh : NglojiMart - Ahmad - Jakarta - 200.000


Informasi perkembangan pembangunan bisa diakses melalui website : www.pcmminggir.com


Sebelumnya
Berikutnya

Penulis:

0 comments: