Wednesday, November 6, 2019

SD Muhammadiyah Klepu Gelar Pembelajaran Luar Kelas

Pada hari Kamis, 7 November 2019 SD Muhammadiyah Klepu melaksanakan kegiatan Sehari Belajar di Luar Kelas. Pelaksanaan Sehari Belajar di Luar Kelas ini merupakan salah satu bentuk kegiatan untuk  memperingati Hari Anak Internasional yang jatuh pada tanggal 20 November setiap tahunnya.


Pada kegiatan ini siswa membawa bekal dari rumah. Adapun rangkaian kegiatan Sehari Belajar di Luar Kelas  diawali Pukul 07.00 dengan kegiatan menyambut siswa dengan 3S (Senyum, Salam, Sapa), Berdoa mengawali kegiatan, Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Mars Muhammadiyah dan Yel-Yel Sekolah.


Kegiatan selanjutnya cuci tangan sebelum makan, berdoa sebelum makan, sarapan sehat bersama, berdoa bersama setelah makan, cuci tangan setelah makan, membersihkan lingkungan, membaca buku di luar kelas, senam germas, permaian tradisional (siswa kelas 1: dakon, siswa kelas 2 & 3: boi-boinan, kelas 4, 5, & 6 : gobak sodor). Rangkaian kegiatan Sehari Belajar di Luar Kelas berakhir pukul 10.00 dengan penutupan menyanyikan lagu “Maju Tak Gentar”. Kegiatan ini dipusatkan di  halaman dan lapangan sekolah. Dengan bimbingan guru semua siswa mengikuti  semua rangkaian kegiatan dengan semangat dan gembira.


“Sehari Belajar di Luar kelas yang model seperti ini merupakan kegiatan yang pertama kali yang kita laksanakan, semoga ke depan dapat menjadi kegiatan rutin setiap tahun,” tutur Eny selaku Kepala SD Muhammadiyah Klepu. Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong siswa menerapkan dan berperilaku yang memenuhi beberapa unsur meliputi pembentukan karakter positif, iman serta ketaqwaan, perilaku hidup bersih dan sehat. Kemudian melestarikan permainan tradisional, cinta tanah air, gerakan literasi/gemar membaca, dan mendorong satuan pendidikan menuju sekolah ramah anak.


“Jadi selain untuk meningkatkan pengetahuan dan tumbuh kembang anak, kegiatan ini juga mendukung budaya cinta tanah air serta kreativitas dalam upaya penguatan pendidikan karakter,” pungkasnya.
Sebelumnya
Berikutnya

Penulis:

0 comments: