Friday, January 11, 2019

Imam Khawarizmi, Bapak Aljabar Dunia Penemu Rumusan Matematika Manusia


Oleh : Ustadz Wahyudi Abdurrahim Lc:

Imam Khawarizmi adalah cendekiawan muslim dan seorang ‘alim dimasa khalifah Harun Alrasyid. Beliaulah penemu angka ‘nol’ dalam khazanah matematika. Namanya sangat terkenal dan banyak dijadikan referensi bagi ilmuwan barat.



Namun ada ilmu hikmah yang jarang diketahui khalayak, kaitannya dengan manusia dan matematika.

Menurut beliau manusia memiliki pula rumusan matematika. Berikut rumus matematika manusia:
1. Jika Manusia berakhlak Mulia. Nilai= 1
2. Jika manusia berakhlak mulia dan mempunyai paras yang indah. Tambahkan 0 di belakang angka satu. Jadi nilainya = 10
3. Jika manusia berakhlak mulia, mempunyai paras yang indah dan mempunyai banyak harta. Tambahkan nol lagi. Jadi, nilainya: 100
4. Jika manusia berakhlak mulai, mempunyai paras yang indah, mempunyai harta dan berasal dari keturunan mulia. Tambahkan nol lagi. Jadi, nilainya: 1000
5. Jika manusia mempunyai paras yang indah, mempunyai harta yang banyak dan dari keturunan mulia, namun tidak mempunyai akhlak, maka angka satu dihilangkan. Jadi ia hanya mempunyai tiga angka nol saja yang berarti dia tidak ada nilainya sama sekali.

Perhatikan firman Allah berikut, artinya :

Dan sesungguhnya kamu benar-benar berakhlak yang agung. ( QS. Al-Qalam : 4 )

Rasulullah saw bersabda, artinya :

Tidak ada sesuatu yang diletakkan pada timbangan hari kiamat yang lebih berat daripada akhlak yang mulia, dan sesungguhnya orang yang berakhlak mulia bisa mencapai derajat orang yang berpuasa dan shalat. (HR. Tirmidzi)

Rasulullah saw juga bersabda, artinya:

Sesungguhnya yang paling aku cintai dari kalian dan yang paling dekat tempatnya dariku di hari kiamat adalah yang paling mulia akhlaknya, dan yang paling aku benci dari kalian dan yang paling jauh tempatnya dariku di hari kiamat adalah yang banyak bicara, angkuh dalam berbicara, dan sombong. (HR. Tirmidzi)

Wallahu a’lam

Sumber: sangpencerah.id

Sebelumnya
Berikutnya

Penulis:

0 comments: