Thursday, October 18, 2018

Memotret Geliat Dakwah di Cabang Muhammadiyah Non-Unggulan


Secara resmi PCM Minggir Kabupaten Sleman bukan termasuk Cabang unggulan setelah panitia Muhammadiyah Jogja Expo (MJE) mengumumkan deretan Cabang Unggulan, dan PCM Minggir tidak termasuk di dalamnya. Mengusung tematik jalur dakwah dengan mengoptimalkan potensi pertanian tampaknya belum begitu menarik perhatian. Meski stan PCM Minggir ramai dikunjungi sekitar 3000 orang selama pameran.


Sebagai Cabang Non-Unggulan, PCM Minggir terus bergerak mengusung cita-cita besar mewujudkan #MinggirMenginspirasi. Menjadi pencetus dan pegiat ide-ide baru dalam menjalankan dakwah sekaligus memberdayakan masyarakat. Berbagai kegiatan dan capaian satu persatu diimplementasikan secara nyata dan pergerakan. Geliat itu tampak antara lain dengan sejumlah terobosan :



1.  Bisnis Property : PCM Minggir sudah lebih dari setahun memiliki Lembaga Pengembangan Wakaf dan Property yang bergerak di bidang property khususnya jual beli tanah. Awalnya usaha ini bertujuan menyelamatkan tanah di Minggir agar tidak dibeli oleh para investor dari luar daerah yang belum jelas profilnya. Kemudian berkembang menjadi usaha jual-beli tanah dan kavling.

Saat ini LPWP telah membeli atau menjual lebih dari delapan lokasi yang tersebar di Kulon Progo dan Sleman.  Dan ke depan ditargetkan mampu menjadi pengembang perumahan yang profesional.

2.    Beras Ngloji : Merupakan usaha pengemasan beras dari petani di Minggir dan Moyudan, agar beras dari petani tidak dibeli para pedagang dari luar daerah. Meski kualitas beras bagus seringkali petani tidak mendapatkan harga yang layak, untuk itulah PCM melalui Majelis Ekonomi  dan Kewirausahaan (MEK) membentuk usaha pengemasan beras Ngloji.

Sebagai tindak lanjut, kini PCM Minggir telah memiliki Jamaah Tani Muhammadiyah (Jatam) yang diharapkan mampu menyuplai kebutuhan beras bagi masyarakat dan amal usaha Muhamammadiya semisal UMY, UAD, UNISA, PKU, LazisMu dan lainnya. Jatam Minggir telah dikukuhkan langsung oleh Ketua PP Muhammadiyah, Dr. H. Haedar Nashir.

3. Roti Mentari (Mentari Bakery) : Merupakan ikhtiar PCM Minggir dalam mengembangkan dan menyediakan kebutuhan masyarakat berupa roti untuk berbagai keperluan. Dikelola dan ditangani dengan baik dan menjadi pilihan warga Muhammadiyah untuk mencukupi kebutuhan konsumsi aneka kegiatan.

4.    Homestay : Terletak di area perkampungan yang asri. Dekat dengan sawah dan rumah makan bertaraf nasional. Merupakan milik pribadi yang pengelolaannya diserahkan sepenuhnya kepada Muhammadiyah. Sangat cocok untuk berbagai kegiatan Muhammadiyah dan umum.

5.    Barkasmu : Jual-beli dan sedekah barang bekas berguna. Terbukti kegiatan yang dikelola oleh Lazsimu Minggir ini memberi manfaat kepada masyarakat sekaligus medatangkan keuntungan untuk disetorkan ke Lazismu. Informasinya tersedia di blog : www.barkasmu.blogspot.com

6.  Bedukmutu.com : PCM Minggir mewakili PDM Sleman merupakan cabang pertama yang mampu menginput data warga Muhammadiyah sebanyak 500 orang ke dalam aplikasi bedukmutu.com. Capaian ini mendapatkan apresiasi dari UMY dan MEK PWM DIY.

7.    MobilMu : Mobil kemanusiaan yang dibeli dari sumbangan para donatur. Telah melayani ratusan orang dari berbagai daerah, bahkan sampai Bumiayu. Saat ini PCM Minggir juga mendapatkan tambahan satu armada berupa hibah dari Pemda Sleman.

8. Pusat Bisnis Muhammadiyah : Merupakan usaha pengembangan bisnis terintegrasi dengan membuka cabang biro umrah, baitutamwil dan kantor layanan LazisMu.

9.    Wakaf Tunai : Diawali dari wakaf Rp 100 juta dari seorang warga Muhammadiyah Minggir. Gerakan wakaf tunai kini semakin meningkat dan menggembirakan.

10. Gerakan 1000 KTAM : Setelah banyak warga terdaftar di bedukmutu.com ternyata warga yang selama ini belum memiliki kartu anggota Muhammadiyah tertarik untuk mendaftar secara resmi sebagai anggota Muhammadiyah. Gerakan 1000 KTAM juga mengutamakan kemudahan dan jemput bola. Untuk tahap pertama telah terkumpul sekitar 100 anggota.

Demikianlah, meski terletak di daerah pinggir dan tidak masuk sebagai cabang unggulan, PCM Minggir terus berupaya giat dalam dakwah dan pemberdayaan masyarakat. [adm]


Sebelumnya
Berikutnya

Penulis:

0 comments: