Saturday, August 11, 2018

Prof. Totok Agung Kenalkan Varietas Gogo Aromatik ke Jatam Minggir



Minggir – Jamaah Tani Muhammadiyah (Jatam) Minggir kedatangan tamu istimewa yakni Guru Besar Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Prof.Ir Totok Agung Dwi Haryanto, MP.,Ph.D. Dosen sekaligus peneliti Unsoed tersebut dikenal sebagai akadimisi yang focus dalam pemuliaan tanaman. Satu di antara hasil penelitiannya bersama tim peneliti Fakultas Pertanian Unsoed ialah varietas unggul Inpago Unsoed 1.



Kedatangan Prof. Totok disambut langsung para petani Jatam di lahan yang akan dijadikan lokasi tanam raya varietas unggul di Dusun Mergan Sendangmulyo. Tampak hadir pula Kepala Desa Sendangmulyo, Kompol (Purnawirawan) Sukapsir serta penggerak Jatam Minggir, Dwi Sumartono, S.Pt serta pengurus Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) PDM Sleman.


Acara dilanjutkan dengan meninjau lokasi calon gudang dan proses penggilingan serta lokasi penangkaran benih. Pada sesi pemaparan dan tanya jawab yang digelar di Jogorejo Sendangsari Minggir, Prof. Totok mengungkapkan varietas yang ditemukannya merupaka jenis padi gogo yang tidak memerlukan banyak air. Meski begitu, persilangan dengan menthik wangi menjadikan padi Inpago Unsoed 1 memiliki citarasa dan aroma yang enak.


“Padi ini hemat air, dan kami juga minta agar penggunaan pupuk urea dikurangi,” ujarnya. Dengan keunggulan ini, jelas akan cocok untuk wilayah Minggir yang kini sebagian mengalami kekeringan setiap kemarau, sehingga lahan dibiarkan tidak diolah. Varietas yang dikenalkan telah ditanam di banyak daerah di seluruh Indonesia. Untuk kebutuhan benih, Prof. Totok mengatakan saat ini tersedia sebanyak 10 ton.

Kedatangan Prof. Totok seiring dengan persiapan Jatam yang tengah bersiap menyambut tanam raya jenis padi unggul yang menurut rencana akan dihadiri Ketua Umum PP Muhammadiyah, Dr. Haedar Nashir. Kegiatan tersebut rencana akan digelar pada awal September mendatang. [e]

Sebelumnya
Berikutnya

Penulis:

0 comments: