Thursday, July 19, 2018

Profil Masjid Jogokaryan yang Pendiriannya Dimotori Muhammadiyah



Yogyakarta - Berawal dari langgar kecil di pojok kampung. Didirikan oleh Panitia yang dibentuk oleh warga dan dimotori oleh Muhammadiyah ranting Karangkajen. Berdiri diatas tanah wakaf seluas 770 m2.(sekarang 1118 m2.). Peletakan batu pertama September 1966 dan diresmikan 20 Agustus 1967. Bangunan awal 9 x 9 m satu lantai,kini 15 x 21 terdiri dari 3 lantai dengan daya tampung 1200 jamaah.



Dengan berbagai usaha untuk memakmurkan masjid, kini masjid Jogokaryan sering mendapat kunjungan tamu untuk studi banding dari berbagai wilayah. Beberapa tahu lalu, Masjid Jogokaryan juga ditetapkan sebagai masjid percontohan tingkat nasional oleh Kementerian Agama.


Berada di wilayah Jogokariyan, Kelurahan Mantrijeron, Kecamatan Mantrijeron, Kota Kota Yogyakarta. Jangkauan Da’wah meliputi 4 Rukun Warga (RW) dan 18 Rukun Tetangga (RT). Dengan jumlah penduduk sekitar 4.000 orang dengan proporsi 95% muslim dan 5% non muslim.

Profil Bangunan Masjid
Ruang Kantor (1 buah), Ruang Gudang (3), Ruang Poliklinik (1), Ruang Perpustakaan (1), Garasi (1),  Tempat Wudhu (8), Kamar Mandi (10), Ruang Dapur (3), Menara (1). Kondisi dan jumlah bangunan mungkin telah bertambah.


Kepengurusan Takmir
Takmir dipilih langsung oleh Jamaah Melalui “PEMILU TAKMIR”, untuk masa bakti 4 tahun. Formatur terpilih bersama Pengurus Domisioner, Komisi Pemilihan Takmir menyusun Kepengurusan Lengkap. Rapat Rutin Pengurus Setiap Jum’at Kliwon ba’da Jum’atan terbuka untuk umum.

Rantai Kaderisasi
HAMAS (Himpunan Anak-anak Masjid). Terdiri dari anggota dan Pengurus Hamas
Anggota terdiri dari pra TK-kelas 6 SD & Pengurus terdiri dari kelas 1 SMP – 2 SMU.

RMJ (Remaja Masjid Jogokariyan). Terdiri dari anggota dan pengurus mulai dari 2 SMA – sebelum menikah

KURMA/UMIDA (Keluarga Alumni Remaja Masjid). Beranggotakan Mantan RMJ dan bapak-bapak/ibu-ibu muda

Takmir. Merupakan akumulasi dari berbagai potensi yang ada di masjid, Baik anak-anak, remaja, KURMA maupun orang tua. [e]

Sumber: http://masjidjogokariyan.com










Sebelumnya
Berikutnya

Penulis:

0 comments: